Kapal Patroli di Pelabuhan Penyeberangan Banda Aceh Bakal Dijadikan Ambulans Laut

Antara ยท Senin, 30 Agustus 2021 - 07:40:00 WIB
Kapal Patroli di Pelabuhan Penyeberangan Banda Aceh Bakal Dijadikan Ambulans Laut
Kapal patroli yang disiapkan sebagai ambulans laut. (Foto: Antara).

BANDA ACEH, iNews.id - Kapal patroli yang berada di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, akan dijadikan ambulans laut. Fasilitas ini disiapkan untuk penanganan ibu hamil yang perlu dievakuasi ke rumah sakit rujukan.

Sekda Aceh, Taqwallah, meninjau langsung kapal yang akan dijadikan sebagai ambulans laut di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Minggu (29/8/2021) kemarin.

"Penanganan dan tindakan medis di laut tentu berbeda dengan ambulans darat. Saat modifikasi selesai, sebaiknya dilakukan simulasi," kata Taqwallah di Kota Banda Aceh, Minggu.

Dia menjelaskan yang butuh penanganan khusus itu biasanya ibu hamil, jadi saat simulasi nanti bisa dipraktekkan, agar ibu hamil merasa nyaman, baik saat di dalam kapal maupun saat naik dan diturunkan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Junaidi, menjelaskan awalnya kapal tersebut dirancang untuk kegiatan patroli. Kapal bernama Willem Toren 1875 ini akan dimodifikasi sesuai kebutuhan tim medis.

"Kapal ini dirancang untuk patroli laut. Selama ini Willem Torent itu sudah beroperasi untuk kegiatan-kegiatan patroli. Jadi, karena kapal ini akan dialihfungsikan sebagai ambulans laut, akan ada modifikasi sesuai kebutuhan," ujarnya.

Kapal Willem Toren berbahan bakar pertamax dan didukung oleh kekuatan mesin sebesar dua kali 250 horse power. Kapal tersebut dibangun di Bekasi pada tahun 2019, dengan panjang 12,35 meter dan lebar tiga meter.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal