Kapolres Lhokseumawe Siap Pidanakan Pelanggar Prokes 

Antara · Rabu, 02 Juni 2021 - 09:49:00 WIB
Kapolres Lhokseumawe Siap Pidanakan Pelanggar Prokes 
Petugas membina warga karena tidak memakai masker dalam operasi yustisi protokol kesehatan di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (17/1/2021).Foto: Antara

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, mendukung pemidanaan terhadap pelanggar protokol kesehatan (prokes). Sebab sosialisasi prokes sudah dilakukan selama satu tahun, sementara masyarakat masih lalai.

Menurut Eko, payung hukum penerapan sanksi pidana baik individu maupun pengelola usaha sudah jelas. Maka aparat dapat bertindak tegas untuk mendisiplinkan masyarakat.

"Sekarang bukan lagi saatnya sosialisasi tapi harus kita jalankan tindakan tegas. Semua payung hukum yang mengatur protokol kesehatan sudah jelas," kata Eko, Selasa (2/5/2021).

Kapolres meminta unsur Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat mau bekerja sama dalam melawan pandemi Covid-19. Langkah awal untuk melawan melalui penerapan prokes ketat.

Eko menegaskan, keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi. Dengan begitu, setiap pelanggar yang berpotensi mempengaruhi keselamatan masyarakat layak untuk ditindak tegas.

"Mulai hari ini, jika ada tempat usaha yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan serta jam beroperasi, maka akan langsung ditutup dan disegel," katanya.

Editor : Erwin Sihombing