Karhutla, Dandim Warning Aceh Tengah Bisa seperti Turki

Jamal Pangwa ยท Kamis, 05 Agustus 2021 - 11:00:00 WIB
Karhutla, Dandim Warning Aceh Tengah Bisa seperti Turki
Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan meminta karhutla ditangani dengan baik. Karhutla di Aceh Tengah dalam sepekan telah menghanguskan 10 hektare lahan dan dikhawatirkan meluas seperti yang dialami Turki. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

ACEH TENGAH, iNews.id – Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan memberi pernyataan terkait maraknya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jika tidak diatasi dengan baik, Aceh Tengah bisa seperti Turki yang harus mengevakuasi banyak warganya akibat karhutla.

Dandim menyebutkan, dalam sepekan ini karhutla telah menghanguskan 10 hektare lahan di Aceh Tengah. Dia menilai kondisi ini bisa berimplikasi pada bencana longsor ketika musim penghujan.

“Disadari atau tidak, karena ulah oknum maupun warga demi membuka lahan kebun seringkali dengan cara dibakar di kawasan tersebut akhirnya menimbulkan kebakaran hutan dan lahan. Apabila tidak dilakukan penanganan secara cepat dan tepat, ke depan akan bisa bernasib seperti negara Turki yang sedang dilanda kebakaran hebat,” kata Letkol Inf Teddy Sofyan, Rabu (4/8/2021).

Dia menilai, karhutla di Aceh Tengah sudah sering terjadi dan sejatinya harus dicegah. Karhutla terbaru terjadi di Dusun Atu Berapit, Desa Lelumu, Pegasing, dan Desa Lelabu, Kebayakan, Aceh Tengah.

"Kerugian yang disebabkan dengan seringnya terjadi kebakaran, selain kerusakan alam seperti hutan menjadi gundul, juga akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat sekitar karena mengakibatkan polusi udara berupa asap tebal dan terganggunya ekosistem serta punahnya hewan satwa dilindungi karena hilangnya tempat kehidupan," tuturnya.

Dia mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Apalagi sekarang ini Aceh Tengah memasuki musim kemarau dan angin kencang.

Kondisi geografi perbukitan dan adanya angin kencang menyulitkan upaya pemadaman di Desa Lelumu dan Desa Lelabu, Aceh Tengah. Selain TNI-Polri, warga juga terlibat dalam memadamkan api.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: