Kejari Bireun Terima Pengembalian Uang Rp60 Juta dari Keuchik Tersangka Korupsi

Erwin C Sihombing ยท Jumat, 27 Agustus 2021 - 13:39:00 WIB
Kejari Bireun Terima Pengembalian Uang Rp60 Juta dari Keuchik Tersangka Korupsi
Kejari Bireuen menerima pengembalian uang Rp60 juta dari tersangka korupsi dana desa, Kamis (26/8/2021). Foto: Kejati Aceh

BIREUEN, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen menerima pengembalian uang hasil korupsi sebesar Rp60 juta dari tersangka mantan Keuchik Paya Lipah, kecamatan Peusangan, berinisial ES. Tersangka telah ditahan dalam perkara korupsi dana desa tahun 2017-2018.

“Uang pengembalian tersebut nantinya akan dijadikan barang bukti dalam persidangan dan untuk sementara akan dititipkan pada rekening RPL Kejari Bireuen,” kata Kajari Bireuen, Farid Rumdana, Jumat (27/8/2021).

Dia menegaskan, sekalipun tersangka bersikap kooperatif dan mengembalikan sebagian uang kerugian negara, proses hukum tetap berjalan. Dalam perkara tersebut, ES dituduh korupsi dana desa sebesar Rp231 juta.

"Perkara ini akan segera dilimpahkan dalam waktu dekat ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh," ujarnya.

Penyerahan uang dilakukan oleh istri tersangka pada Kamis (26/8/2021). Farid menyebutkan, penyidik berupaya mengembalikan kerugian negara dari perkara tersebut.

“Kami akan terus berupaya agar seluruh kerugian negara dalam perkara ini dapat dikembalikan secara keseluruhan,” ucap Farid.

Editor : Erwin C Sihombing