Malang, Kaki Beruang Madu yang Terjerat Jebakan Babi Hutan di Pidie Jaya Diamputasi

Antara ยท Minggu, 13 Desember 2020 - 08:04:00 WIB
Malang, Kaki Beruang Madu yang Terjerat Jebakan Babi Hutan di Pidie Jaya Diamputasi
Seorang dokter tengah memeriksa kondisi beruang madu yang luka karena jeratan jebakan babi hutan di Banda Aceh. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Seekor beruang madu (helarctos malayanus) yang berhasil dievakuasi dari jeratan jebakan babi hutan di Pidie Jaya, Aceh terpaksa menjalani amputasi kaki. Luka di kaki yang diduga telah berlangsung selama tujuh hari sejak terjerat telah membusuk dan berbelatung.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan, beruang madu tersebut terkena jerat pada kaki belakang sebelah kanan. Luka jeratan terlihat cukup parah, sehingga dievakuasi ke Banda Aceh.

"Kondisi beruang madu tersebut berangsur baik. Tim BKSDA terus memantau perkembangan kesehatan beruang madu tersebut," kata Agus Arianto, Sabtu (12/12/2020).

Sementara staf BKSDA Aceh, yang bertanggung jawab terhadap penanganan beruang madu itu, Andi Aswinsyah menyebutkan, kondisi luka pada kaki sudah membusuk dan berulat. Dengan terpaksa, kaki belakang kanan yang terkena jerat diamputasi

"Beruang madu itu diperkirakan terkena jerat selama tujuh hari sebelum dievakuasi," kata Andi Aswinsyah.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2