Peringatan Dini BMKG, Perairan Utara Sabang Potensi Dilanda Gelombang Setinggi 4 Meter

iNews.id ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 09:56:00 WIB
Peringatan Dini BMKG, Perairan Utara Sabang Potensi Dilanda Gelombang Setinggi 4 Meter
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Perairan utara Sabang, Samudera Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTB dengan potensi gelombang tinggi mencapai empat meter. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 8-9 Juni 2021. Perairan utara Sabang, Samudera Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTB berpotensi mengalami gelombang tinggi hingga empat meter.

BMKG mendeteksi perubahan pola sirkulasi angin yang bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin 5-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot dengan kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, dan Laut Arafuru bagian timur. 

Pola sirkulasi angin mengakibatkan peningkatan gelombang yang berisiko terhadap keselamatan pelayaran. BMKG meminta masyarakat untuk waspada, khususnya Nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

Selain itu kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m) diminta untuk berhati-hati. Kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m) juga harus waspada. 

Editor : Erwin Sihombing