Peringati Kemerdekaan, Komunitas Motor Lhokseumawe Touring ke Tugu Radio Rimba Raya

Yusradi Yusuf ยท Senin, 16 Agustus 2021 - 16:12:00 WIB
Peringati Kemerdekaan, Komunitas Motor Lhokseumawe Touring ke Tugu Radio Rimba Raya
Komunitas motor XSR Brotherhood Indonesia, Lhokseumawe, melaksanakan touring ke Tugu Radio Rimba Raya, Bener Meriah, Senin (16/8/2021). Foto: iNews.id/Yusradi

BENER MERIAH, iNews.id - Komunitas motor XSR Brotherhood Indonesia, Lhokseumawe, touring ke Tugu Radio Rimba Raya, Bener Meriah. Kegiatan ke tempat bersejarah tersebut dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-76 RI.

Tugu Radio Rimba Raya merupakan lokasi pemancar radio untuk menangkal propaganda Belanda yang tidak mengakui kemerdekaan RI. Ketika seluruh stasiun radio di Yogyakarta dilumpuhkan saat agresi militer II tahun 1948, Radio Rimba Raya aktif menggelorakan Indonesia berdaulat ke dunia internasional.

"Touring kemerdekaan ini untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme kami," kata Ketua XSR Brotherhood Lhokseumawe, Saifuddin, di Tugu Radio Rimba Raya, Senin (16/8/2021).

Dia berharap generasi muda di Aceh tidak melupakan sejarah. Saifuddin juga berharap Tugu Radio Rimba Raya tetap eksis berdiri di Bener Meriah.

Kadis Pariwisata Bener Meriah, Irmansyah mengapresiasi kunjungan rombongan komunitas XSR Brotherhood. Namun dia juga berharap pemerintah mengukuhkan lokasi tugu sebagai tempat perjuangan meskipun perangkat radio berkekuatan 1 kilowatt pada frekuensi 19,25 dan 61 meter kini berada di musium TNI AD di Yogyakarta.

"Karena dari sini disiarkan Republik Indonesia masih ada, tentara masih ada, pemerintah Republik Indonesia masih ada, wilayah Indonesia masih ada," kata Irmansyah.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: