Permintaan Ikan Segar dari Aceh ke Pulau Jawa Meningkat

Jamal Pangwa ยท Senin, 31 Mei 2021 - 09:45:00 WIB
Permintaan Ikan Segar dari Aceh ke Pulau Jawa Meningkat
Permintaan ikan dari Aceh ke Jawa mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Pasokan ikan dari Aceh ke Jawa bisa 20 ton dalam sekali kirim. Foto: iNews.id

PIDIE JAYA, iNews.id - Selama pandemi Covid-19 permintaan ikan segar dari Aceh ke Pulau Jawa mengalami peningkatan. Kabupaten Pidie Jaya bisa memasok dua hingga empat kali ikan cakalang, layang dan deho dalam sebulan.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Agus Rianto, mengatakan, tingginya permintaan ikan dari Aceh ke Pulau Jawa karena kualitas ikan yang lebih terjaga. Nelayan Aceh sangat selektif untuk melaut.

"Ikan kita kualitas sangat bagus dan terjamin, karena seperti kita ketahui bahwa nelayan kita kan tak lama- lama melaut hanya beberapa hari saja, jadi ikan nya masih segar-segar, dan kualitasnya pun terjamin," kata Agus, Minggu (30/5/2021).

Dia mengatakan, pasokan ikan dari Aceh ke Jawa bisa 20 ton dalam sekali kirim. Sedangkan dari Aceh untuk Sumatera hanya sekitar sembilan ton.

Sekalipun begitu, pasokan ikan bisa menyusut karena faktor cuaca ekstrem sehingga nelayan tidak melaut. Faktor kenaikan harga cukup mempengaruhi menurunnya pasokan.

"Kendala ketika harga ikan tinggi atau tangkapan agak berkurang kita terpaksa menunggu harga kembali normal untuk bisa proses produksi. Untuk menyikapi kekosongan ikan saat tangkapan sedikit kita sedang mencari solusi komoditi ikan lainnya," kata dia.

Editor : Erwin Sihombing