Polres Lhokseumawe Gagalkan Peredaran 4,4 Kg Sabu dari Aceh Utara dan Aceh Timur

Antara ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 10:50:00 WIB
Polres Lhokseumawe Gagalkan Peredaran 4,4 Kg Sabu dari Aceh Utara dan Aceh Timur
Polisi memperlihatkan barang bukti sabu-sabu hasil pengungkapan empat kasus narkoba di Mapolres Lhokseumawe, Senin (7/6/2021). Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Lhokseumawe, Aceh, menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu dengan total 4,4 kg barang bukti telah disita. Penyidik menangkap 10 pelaku secara terpisah di Aceh Utara dan Aceh Timur terkait kasus tersebut.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula dari operasi petugas yang menyamar untuk membeli sabu dari YS (33), warga Desa Alue Rambong Kecamatan Baktikya, Aceh Utara. Dari pelaku YS turut diamankan sabu-sabu dengan berat 1,052 kg dan penyidik melakukan pengembangan.

“Kemudian petugas menangkap empat pelaku berinisial MY (41), SK (25), dan ES (22) warga Kabupaten Aceh Utara serta IS (38) warga Kota Lhokseumawe di Dusun Ulee Jrat, Desa Bungong, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara,” kata Kapolres, Selasa (8/6/2021).

Dari hasil penangkapan keempat pelaku itu, Satresnarkoba Polres Lhokseumawe, mengamankan barang bukti sabu-sabu yang dibungkus dalam kemasan teh dengan berat 1,025 kg. Polisi melakukan pengembangan lagi dengan menangkap dua terduga bandar narkoba lainnya berinisial MD (32) dan MH (29) di Desa Peunteuet, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Polisi masih mengejar pelaku lain berinisial BS yang berhasil melarikan diri kendati penyidik telah mengamankan sabu-sabu seberat 1,353 kg di kediamannya. Namun penyidik turut mengamankan tiga pengedar lain warga Aceh Timur berinisial LK (37), TM (41), dan N (37). 

Dari penangkapan ketiga pelaku yang diduga aktif memasok barang haram ke Lhokseumawe, polisi menyita sabu-sabu 1,097 kg. Namun lagi-lagi pelaku berinisial A lolos dari penangkapan. 

"Ke-10 pelaku ditangkap di tempat terpisah di wilayah hukum Polres Lhokseumawe dengan total barang bukti 4,4 kilogram sabu-sabu," ujar Eko.

Editor : Erwin Sihombing