Santunan Lebaran Pemkab Pidie Jaya Tidak Tepat Sasaran

Jamal Pangwa ยท Rabu, 12 Mei 2021 - 16:18:00 WIB
Santunan Lebaran Pemkab Pidie Jaya Tidak Tepat Sasaran
Rumah warga tidak mampu di Kabupaten Pidie Jaya. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

PIDIE JAYA, iNews.id - Santunan Hari Raya Idul Fitri berupa sembako dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya, Aceh, kepada warga tidak mampu tidak tepat sasaran. Pasalnya masih banyak warga yang mengaku tidak menerima santunan tersebut.

Dana santunan diberikan Pemkab Pidie Jaya untuk disalurkan kepada warga tidak mampu melalui camat masing-masing wilayah. Namun oleh perangkat desa, sembako tersebut malah dibagi-bagikan kepada keluarganya.

Informasi ini santer diterima wartawan dari sejumlah warga desa (gampong) Panton Raya, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Aceh. Misalnya, seorang janda dengan anaknya yang masih berusia 8 tahun hidup tanpa listrik luput dari perhatian pemerintah setempat.

Salah seorang pemuda di Trienggadeng, Juli Fahmi, membenarkan situasi tersebut. Dia menyebut pemberian santunan tidak tepat sasaran karena dibagi-bagikan kepada keluarga perangkat desa.

"Sedangkan yang menerima santunan tersebut malah masih ada dari istri perangkat desa yang setiap bulan memperoleh gaji dari pemerintah dan ada beberapa lainnya yang masih jauh dari tepat sasaran," kata Juli Fahmi, Rabu (12/5/2021).

Fahmi sangat menyesalkan peristiwa ini. Dia menduga perangkat desa tidak mendata secara cermat warganya sehingga kalangan yang masuk kategori mampu bisa mendapat bantuan sembako.

"Pembagian santunan yang tidak tepat sasaran diduga karena salah data oleh perangkat desa. Kemungkinan ada indikasi permainan para perangkat desa untuk kepentingan mereka sendiri," ujar Juli Fahmi. 

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: