Sempat Diberi Obat, Gajah Sumatra Ditemukan di Aceh Besar Mati karena Infeksi

Antara ยท Selasa, 01 Maret 2022 - 12:53:00 WIB
Sempat Diberi Obat, Gajah Sumatra Ditemukan di Aceh Besar Mati karena Infeksi
Gajah Sumatra Ditemukan di Aceh Besar Mati karena Infeksi (Foto: Antara/Hayaturrahman)

Agus Arianto mengatakan tim medis BKSDA bersama mitra personel kepolisian, aparat desa, dan masyarakat setempat melakukan autopsi terhadap gajah betina tersebut. Hasilnya, kematian gajah diduga infeksi luka menjadi media berkembang biak bakteri, sehingga menyebar ke seluruh tubuh.

"Infeksi tersebut mengganggu sistem metabolisme yang menyebabkan kerusakan organ. Beberapa sampel berupa bagian seperti feses, usus, cairan usus, ginjal, jantung, limpa, hari, paru-paru, dan lidah diambil untuk uji laboratorium," ucapnya.

Berdasarkan hasil olah kejadian perkara, tidak ditemukan adanya tanda-tanda yang mencurigakan atau adanya unsur kesengajaan dalam kematian gajah liar itu. Dugaan sementara, kematian gajah sifatnya alami karena sakit.

Agus Arianto mengatakan gajah Sumatra merupakan satwa liar dilindungi undang-undang. Berdasarkan daftar satwa liar di dunia, gajah Sumatra hanya ditemukan di Pulau Sumatra yang terancam kritis dan berisiko tinggi untuk punah di alam liar. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi masyarakat maupun para pihak yang melaporkan serta membantu dan mendukung proses penanganan temuan bangkai gajah liar tersebut," katanya.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: