Siasat Warga Aceh Besar Bertahan saat Banjir, Susun Kursi dan Meja Jadi Tempat Tidur

Taufan Mustafa ยท Senin, 12 Juli 2021 - 13:33:00 WIB
Siasat Warga Aceh Besar Bertahan saat Banjir, Susun Kursi dan Meja Jadi Tempat Tidur
Sebagian warga Perumahan Ajun Ayahanda, Desa Ajun, Darul Imarah, Aceh Besar, memilih untuk bertahan di rumah meski digenangi banjir. Seorang warga harus menyusun meja dan bangku untuk tidur. Foto: iNews.id/Taufan Mustafa

ACEH BESAR, iNews.id - Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, hingga Minggu (11/7/2021) belum juga surut. Sebagian warga Perumahan Ajun Ayahanda, Desa Ajun, Darul Imarah, Aceh Besar, memilih untuk bertahan di dalam rumah meski digenangi banjir setinggi betis orang dewasa.

Perabotan dan barang pecah belah diletakkan pada lantai yang lebih tinggi. Warga juga menyusun kursi dan meja di lantai menjadi alas tempat tidur. 

"Kita susun-susun meja tamu, kemudian kita letakkan tempat tidur kita. Ala kadarnya saja kalau tidur, ada di meja, kursi kita jajarkan ada juga yang masih di kamar karena tempat tidurnya tinggi," kata salah seorang warga Sigit.

Sigit menyebutkan, selain tingginya intensitas hujan, banjir juga disebabkan dari drainase yang tidak lagi mampu menampung debit air. Sejauh ini dia memilih untuk bertahan meskipun tetangga rumah sudah mengungsi.

"Kita lihat kondisinya dulu seperti apa, kalau tidak memungkinkan kita mengungsi. Kita sebagai orang tua mungkin tahan tetapi untuk anak-anak ini kita takut," ujar Sigit.
 
Sebagian besar warga Perumahan Ajun memilih untuk mengungsi ke rumah kerabat. Sebab sejauh ini belum ada tenda pengungsian yang didirikan pemerintah.

Editor : Erwin C Sihombing