TNI AD Monitor Penanganan Banjir di 3 Desa Aceh Tamiang

Jamal Pangwa ยท Rabu, 01 September 2021 - 08:43:00 WIB
TNI AD Monitor Penanganan Banjir di 3 Desa Aceh Tamiang
TNI AD pantau penanganan banjir yang melanda Aceh Tamiang. Banjir terjadi akibat tingginya intensita hujan. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

ACEH TAMIANG, iNews.id - TNI AD memonitor penanganan banjir yang melanda tiga desa di Aceh Tamiang. Banjir akibat tingginya intensitas hujan dan mulai surut sejak Selasa (31/8/2021).

Danramil 01/KSP, Kapten Inf Iswan, mengatakan, babinsa,  terus memonitor perkembangan situasi terkait debit air di lapangan. Selain itu, koordinasi dengan perangkat desa, kepolisian setempat, aparatur kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang terus dilakukan.

"Sementara lokasi pengungsian telah disiapkan di antaranya di gedung nasional dan gedung PKK di dusun Pahlawan, Kampung Kota Kuala Simpang, Kecamatan Kota Kuala Simpang" kata Danramil, Rabu (1/9/2021).

Puluhan rumah di tiga Desa Kabupaten Aceh Tamiang terendam banjir akibat diguyur hujan deras sejak Senin (30/8/2021). Sejumlah desa yang terdampak banjir yakni Dusun Pahlawan Kampung Kota Kuala Simpang, Kecamatan Kota Kuala Simpang dengan ketinggian mencapai 30 sampai dengan 80 sentimeter.

Selain itu, Dusun Alur Cempa, Desa Rantau Pakam, dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter dan Desa Rongoh, Kecamatan Tamiang Hulu. Banjir mengakibatkan sejumlah akses jalan lumpuh total disebabkan genangan air dan tidak dapat dilalui.

Forkopimda Aceh Tamiang saat meninjau lokasi banjir, Selasa (31/8/2021), sepakat untuk memprioritaskan penanganan jembatan yang rusak di Dusun Tualangniat dan Dusun Pakel agar tidak menghambat akses jalan. Aceh Tamiang bukan wilayah langganan banjir karena berada pada dataran tinggi.

Editor : Erwin C Sihombing