Tumpahan Minyak di Perairan Langsa, DPRA Minta Gubernur Aceh Lapor Kementerian ESDM

Antara ยท Kamis, 02 September 2021 - 09:56:00 WIB
Tumpahan Minyak di Perairan Langsa, DPRA Minta Gubernur Aceh Lapor Kementerian ESDM
Sebuah kapal berada di dekat gelembung/tumpahan minyak di perairan laut Langsa yang sudah diberikan tanda, di Langsa, Aceh. Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Asrizal Asnawi meminta Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyikapi serius laporan tumpahan minyak di perairan Langsa sejak sebulan terakhir. Tumpahan minyak diduga akibat kebocoran sumur minyak milik Pertamina di perairan Aceh.

Menurut Asrizal, Pemerintah Aceh tidak boleh mendiamkan hal itu. Malahan, Nova sudah sepatutnya melaporkan masalah ini kepada SKK Migas atau Kementerian ESDM.

"Terkait adanya kesalahan pada sumur minyak di kawasan Aceh atau tepatnya sumur Langsa, Pemprov Aceh harus laporkan ke SKK Migas dan Kementerian ESDM," kata Asrizal, Rabu (1/9/2021).

Dia meminta Gubernur untuk bereaksi cepat menyikapi masalah ini. Bila perlu mendorong institusi terkait untuk menginventarisasi dampak gelembung minyak mentah yang muncul ke permukaan laut tersebut.

"SKK Migas, Menteri ESDM dan PT Pertamina segera melokalisir dampak, sebelum bertambah besar dan dapat mengganggu aktivitas para nelayan, karena biota laut ikan dan terumbu karang tercemar," ujarnya.

Asrizal menuturkan, dirinya juga mendapat laporan dari pegiat lingkungan hidup di Aceh Timur, kalangan nelayan kesulitan menjaring ikan karena adanya tumpahan minyak. Dikhawatirkan terjadi dampak yang lebih luas jika tumpahan minyak tidak segera diatasi.

"Pemprov Aceh juga harus memonitor secara penuh apa yang terjadi sehingga tidak terjadi hal yang lebih mengecewakan nantinya," kata dia.

Editor : Erwin C Sihombing