Unik, Mobil Polisi Jenis Caravan Bekas Ini Disulap Jadi Tempat Besuk Tahanan Online 

Umaya Khusniah · Senin, 05 April 2021 - 12:39:00 WIB
Unik, Mobil Polisi Jenis Caravan Bekas Ini Disulap Jadi Tempat Besuk Tahanan Online 
Caravan yang disulap menjadi ruang besuk tahanan online di Aceh. (Foto: Humas Polda Aceh)

JAKARTA, iNews.id – Polda Aceh melalui Ditreskrimum Polda Aceh memanfaatkan mobil dinas yang sudah tidak digunakan lagi untuk dijadikan tempat besuk tahanan secara online. Mobil yang digunakan yakni jenis Caravan. 

Bodi mobil sudah dimodifikasi dan dilengkapi AC serta toilet. Di dalam mobil sudah dilengkapi dengan alat teknologi. Selain itu juga tersedia tiga meja lengkap dengan layar monitor untuk media Video Call dengan tahanan.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada melalui Dirreskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Sony Sanjaya mengatakan, meskipun menggunakan vasilitas video call, nomor-nomor yang digunakan tetap di-private. Sehingga pembesuk tidak bisa secara bebas melakukan komunikasi dengan tahanan.

“Nantinya pembesuk akan didaftar dan dipanggil ke dalam mobil Caravan secara bergiliran. Masing-masing pembesuk diberikan waktu selama 15 menit dan privasi pembicaraan pun terjaga,” kata Sony, Jumat (2/4/2021) seperti dikutip dari website resmi Polda Aceh.

Dia menambahkan, bila ada pakaian atau makanan yang mau diantar, pembesuk bisa menitipkan kepada petugas jaga tahanan. Selanjutnya petugas yang akan memeriksa isi dan disampaikan ke tahanan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2