Warga Korban Banjir di Desa Garot Aceh Besar Mulai Mengungsi

Syukri Syarifuddin · Senin, 12 Juli 2021 - 08:41:00 WIB
Warga Korban Banjir di Desa Garot Aceh Besar Mulai Mengungsi
Warga Desa Garot, Darul Imarah, Aceh Besar, mulai mengungsi ke SD Negeri 1 Garot, Minggu (12/7/2021). Warga mengungsi akibat banjir yang menggenangi rumah dengan ketinggian 1 meter. Foto: iNews.id/Syukri Syarifuddin

ACEH BESAR, iNews.id - Setelah bertahan selama dua hari, warga Desa Garot, Darul Imarah, Aceh Besar, mulai mengungsi ke kompleks SD Negeri 1 Garot, Minggu (12/7/2021) malam. Warga mengungsi karena kediaman mereka terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan.

"Sekitar 25 KK sudah stand by di SD Garot, dua lagi masih dalam pendataan. Ini belum final," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Farhan AP.

Total 150 warga dari 25 KK yang sudah mengungsi di SD Garot. Mereka mengungsi karena air sudah masuk ke dalam rumah dengan ketinggian 1 meter.

"Banyak masyarakat yang menunggu sepanjang air belum masuk ke rumah belum mau mengungsi. Kami siapkan boat di sini, bersama pemuda gampong, kalau masyarakat mau mengungsi kami siap," ujar Farhan.

Warga yang mengungsi menempati ruang belajar sekolah. Umumnya warga yang mengungsi para lansia dan anak-anak.

Selain melakukan evakuasi di Desa Garot, BPBD Aceh Besar mengevakuasi  warga yang terjebak banjir di kompleks Vila Buana, kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Warga yang masih bertahan di rumahnya diimbau untuk tetap waspada.

Editor : Erwin C Sihombing