Warga Terobos Blokade Lokasi Wisata Pantai Ulee Lheu

Taufan Mustafa ยท Senin, 14 Juni 2021 - 15:56:00 WIB
Warga Terobos Blokade Lokasi Wisata Pantai Ulee Lheu
Pemkot Banda Aceh memutuskan untuk menutup Pantai Ulee Lheu pada akhir pekan dan membatasi pengunjung pada Senin-Jumat. Warga kerap melanggar kebijakan ini dengan menerobos blokade untuk masuk ke Pantai Ulee Lheu. Foto: Istimewa

BANDA ACEH, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh memutuskan untuk menutup lokasi wisata Pantai Ulee Lheu selama akhir pekan untuk mencegah kerumunan sekaligus menekan kasus Covid-19 di Aceh. Namun masyarakat terlihat berupaya menerobos barikade atau blokade water barier yang dipasang petugas untuk masuk ke lokasi wisata tersebut.

Kadis Pariwisata Banda Aceh, Iskandar, meminta peran serta masyarakat untuk menekan kasus Covid-19 di Banda Aceh. Terlebih status Banda Aceh sekarang ini zona merah.

"Ini yang kami harapkan, pencegahan penyebaran Covid-19 kita lakukan bersama," kata Iskandar, Senin (14/6/2021).

Dia mengakui penutupan lokasi wisata tidak bisa dilakukan secara total mengingat tidak sedikit masyarakat mencari nafkah di sana. Atas dasar itu penutupan hanya dilakukan pada akhir pekan sedangkan hari-hari biasa dibatasi.

"Harapan kami pada hari biasa jumlah pengunjung hanya 50 persen," ujarnya.

Iskandar meminta pedagang menerapkan prokes selama menjalani usahanya dan berani menegur warga yang melanggar. Jika petugas menilai terjadi kerumunan dan pelanggaran prokes maka gerbang untuk masuk Pantai Ulee Lheu ditutup.

Berdasarkan data Minggu (13/6/2021), kasus Covid-19 di Banda Aceh bertambah 159 kasus. Pasien dalam perawatan  dalam perawatan sebanyak 3.734, pasien sembuh 38 orang dan meninggal enam orang.

Editor : Erwin C Sihombing