1 Napi yang Kabur dari Lapas Blangpidie Serahkan Diri saat Idul Adha

Antara ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 08:59:00 WIB
1 Napi yang Kabur dari Lapas Blangpidie Serahkan Diri saat Idul Adha
Petugas menunjukkan jendela yang dirusak narapidana saat kabur dari lapas Blangpidie, Aceh Barat Daya, Jumat (16/7/2021). Foto: Antara/Suprian

BANDA ACEH, iNews.id - Seorang narapidana (napi) yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, menyerahkan diri ke kantor polisi pada saat perayaan Idul Adha, Selasa (20/7/2021). Aparat masih memburu tujuh napi lain yang kabur dari lapas dengan melukai seorang petugas dan membobol terali besi.

Kepala Kantor Wilayan Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Meurah Budiman mengatakan, napi kabur yang menyerahkan diri terbelit perkara narkoba. Napi yang diketahui bernama Stefen memilih menyerahkan diri ke Polsek Banda Raya setelah lari dari lapas pada Jumat (16/7/2021). 

"Saat ini, narapidana yang menyerahkan diri tersebut sudah berada di Lapas Blangpidie setelah dijemput pegawai lapas dengan pengawalan ketat kepolisian Aceh Barat Daya," kata Meurah Budiman, Kamis (22/7/2021).

Dia menyebutkan, Stefen harus menjalani hukuman tujuh tahun penjara di Blangpidie. Dia baru menjalani masa hukuman dua tahun penjara.

"Yang bersangkutan menyerahkan di Kantor Polsek Banda Raya, Banda Aceh, pada Selasa (20/7) atau bertepatan pada lebaran Idul Adha. Yang bersangkutan melarikan diri bersama delapan narapidana lainnya," kata dia.

Total sembilan napi melarikan diri dari Lapas Blangpidie. Seorang napi berhasil ditangkap ketika lari ke kawasan hutan dan perbukitan di sekitar Lapas Blangpidie tersebut.

"Terhadap tujuh narapidana kabur lainnya, kini masih dalam pengejaran. Foto-foto mereka sudah disebar ke kantor polisi asal mereka," kata Meurah Budiman.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: