4 Toko Emas di Banda Aceh Curangi Pembeli, Polisi Terapkan UU Perlindungan Konsumen

Taufan Mustafa ยท Selasa, 20 Juli 2021 - 14:15:00 WIB
4 Toko Emas di Banda Aceh Curangi Pembeli, Polisi Terapkan UU Perlindungan Konsumen
Polda Aceh menyelidiki empat toko emas yang mencurangi konsumen dengan mengurangi kadar emas yang dijual tidak sesuai dalam kuitansi jual beli. Foto: iNews.id/Taufan Mustafa

BANDA ACEH, iNews.id - Polda Aceh bakal menjerat empat toko emas yang terindikasi mencurangi pembeli dengan mengurangi kadar emas murni. Polisi telah menyiapkan Pasal 62 Jo Pasal 8 Huruf F UU Perlindungan konsumen dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara atau denda paling banyak Rp2 miliar, untuk mengungkap kasus ini.

"Emas ini sudah kita uji laboratorium dan didapatkan kemurnian emasnya 95-97 persen sementara disurat yang dijual oleh toko emas tersebut, ada empat toko, menyatakan kadar emas itu 99 persen," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, Senin (19/7/2021).

Winardy memastikan, penyidik dari Ditreskrimsus Polda Aceh bakal melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka kasus ini. Sebab, polisi telah memiliki hasil uji laboratorium yang menunjukkan penjual toko menjual emas dengan kadar yang tidak sesuai kuitansi jual-beli.

Dia mengatakan, penyidik telah memeriksa sejumlah pembeli dan pemilik toko dalam menyelidiki kasus ini. Bahkan telah mencocokkan keterangan saksi-saksi tersebut dengan bukti dokumen yang dimiliki polisi.

"Kemungkinan kita akan melakukan pemeriksaan lebih dalam karena kita telah memiliki hasil laboratorium nanti kita gelar perkara, selanjutnya kita tetapkan tersangka," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing