PPKM Mikro, Polda Putar Balik 113 Kendaraan di Pos Penyekatan Aceh Tamiang

Antara ยท Selasa, 20 Juli 2021 - 12:08:00 WIB
PPKM Mikro, Polda Putar Balik 113 Kendaraan di Pos Penyekatan Aceh Tamiang
Petugas memeriksa surat vaksin Covid-19 terhadap pelintas yang hendak masuk wilayah Aceh di Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (18/7/2021). Foto: Antara/HO/Humas Polda Aceh

BANDA ACEH, iNews.id - Polda Aceh telah memutar balik 113 kendaraan di pos penyekatan Seumadam, Kabupaten Aceh Tamiang, selama pelaksanaan PPKM mikro. Kendaraan diputar balik karena pengendara tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi atau hasil swab test dengan hasil negatif Covid-19.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, menyebutkan, 113 kendaraan yang diputar balik di pos penyekatan terdiri atas 17 mobil penumpang, 51 mobil pribadi, 18 truk barang, dan 27 unit sepeda motor.  Perwira menengah Polri itu mengatakan, penyekatan di pos tersebut melibatkan personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, serta instansi terkait lainnya.

"Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi masyarakat yang akan memasuki Aceh yang bisa saja menyebarkan Covid-19," kata Kombes Pol Winardy, Senin (19/7/2021).

Dia mengungkapkan, sejak Provinsi Aceh menerapkan PPKM mikro, tim gabungan terus memeriksa setiap masyarakat yang melintas dari arah Provinsi Sumatera Utara menuju Aceh. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan pengendara mematuhi protokol kesehatan.

"Pemeriksaan meliputi penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, pengecekan suhu badan, serta meminta menunjukkan sertifikat vaksinasi vaksin Covid-19 maupun surat hasil tes usap. Ada 113 kendaraan yang diperintahkan  untuk putar balik," kata Kombes Pol Winardy.

Editor : Erwin C Sihombing