5 Tari Tradisional Aceh yang Populer, Nomor 3 Diperkenalkan Syekh Rifa’i sebagai Media Dakwah

Hanna Ratih Aninditya · Sabtu, 10 September 2022 - 15:14:00 WIB
5 Tari Tradisional Aceh yang Populer, Nomor 3 Diperkenalkan Syekh Rifa’i sebagai Media Dakwah
Tari tradisional Aceh cukup salah satunya Tari Rapa’i Geurimpheng. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id).

ACEH, iNews.id - Tari tradisional Aceh cukup terkenal dengan keanekaragam budaya warisan tak benda. Aceh merupakan provinsi yang berada di atas pulau Sumatera.

Aceh memiliki banyak jenis tarian yang tersebar di setiap daerahnya. Mayoritas penduduknya menganut agama Islam dan Syariah Islam menjadi hukum positif di daerah istimewa tersebut.

Apa saja tari tradisional Aceh yang populer, simak uraian berikut ini: 

1. Tari Saman

Salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. 

Tari Saman termasuk warisan budaya tak benda dan telah ditetapkan oleh UNESCO. 

2. Tari Laweut

Awalnya tarian ini berasal dari Kabupaten Pidie. Seiring perkembangan zaman tarian ini mulai menyebar luas ke seluruh  Provinsi Aceh.

Biasa disebut juga sebagai tari seudati inong karena bila dilihat dari gerakan, pola, teknik dan proses tarian ini mirip dengan  tari seudati. 

Tari laweut dan tari seudati sama-sama dimainkan oleh satu penyanyi dan delapan penari. Musik dan nyanyian memimpin mulainya tarian ini.

Dalam bahasa Arab kata lawuet memiliki arti selawat yang merupakan sanjungan untuk Nabi Muhammad SAW. Syair tarian ini juga mengandung banyak sanjungan selawat atas Nabi Muhammad SAW. 

Sebelum menjadi nama Tari Lawuet, tarian ini dikenal dengan nama Tari Akoon (Seudati Inong).

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: