51 Imigran Rohingya di Lhokseumawe Segera Dipindah ke Medan

Antara ยท Kamis, 29 April 2021 - 10:43:00 WIB
51 Imigran Rohingya di Lhokseumawe Segera Dipindah ke Medan
Petugas medis melakukan rapid test antigen pengungsi Rohingya di BLK Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Rabu (28/4/2021). (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id – Sebanyak 51 dari 55 imgran Rohingya yang selama menempati Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Meunasah Mee Kandang, Kota Lhokseumawe, akan dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara. Pemindahan imigran tersebut difasilitasi oleh Internasional Organizational for Migration (IOM).

Juru Bicara Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya, Marzuki mengatakan, pemindahan tahap kedua untuk 51 pengungsi Rohingya dijadwalkan Kamis (29/4/2021) malam. Pemindahan pengungsi Rohingya dilakukan dengan pengawalan ketat. 

“Mereka nantinya menempati dua tempat terpisah di Medan, Sumatera Utara,” katanya, Rabu (28/4/2021).

Dia menambahkan, sebelum diberangkatkan ke Sumatera Utara, para imigran menjalani pemeriksaan kesehatan serta pengecekan Covid-19 dengan cara rapid test antigen. 

Sementara empat imigran Rohingya lainnya, kemungkinan akan dipindahkan ke Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, belum dapat dipastikan kapan pemindahan tersebut karena masih dalam pengurusan keimigrasian.

"Alasannya, keempat pengungsi Rohingya tersebut ingin dekat dan berkumpul dengan keluarganya di penampungan Makassar. Namun, kami belum tahu kapan mereka dipindahkan," kata dia.

Editor : Umaya Khusniah