7 Peninggalan Kerajaan Aceh yang Masih Utuh sampai Sekarang, Ada yang Sudah Tak Terawat

Inas Rifqia Lainufar ยท Selasa, 22 November 2022 - 10:15:00 WIB
7 Peninggalan Kerajaan Aceh yang Masih Utuh sampai Sekarang, Ada yang Sudah Tak Terawat
Peninggalan Kerajaan Aceh yang masih utuh sampai sekarang. Masjid Raya Baiturrahman Aceh. (Foto: Antara)

5.Pinto Khop

Pinto Khop didirikan oleh Sultan Iskandar Muda sebagai lokasi peristirahatan dan tempat merapikan rambut Putri Pahang setelah selesai berenang. Karenanya, Pinto Khop berdekatan dengan Taman Sari Gunongan.

Dulunya, terdapat kolam bunga di dalam Pinto Khop. Tempat yang menjadi penghubung antara istana dan Taman Sari Gunongan ini sekarang berlokasi di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan, Baiturrahman, Banda Aceh.

6.Meriam Kesultanan Aceh

Selain bangunan, terdapat pula peninggalan dari Kerajaan Aceh yang masih utuh berupa senjata. Senjata yang dimaksud adalah tiga meriam yang berada di Gampong Drien Rampak, Kecamatan Arongan Lambek, Aceh Barat.

Dulunya, meriam ini digunakan untuk mempertahankan wilayah dari penjajah. Sayangnya, tiga meriam tersebut sudah tak terawat saat ini.

7.Makam Sultan Iskandar Muda

Makam Sultan Iskandar Muda terletak di dekat kediaman resmi Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam. Pada masa perang Aceh, penjajah Belanda pernah menghilangkan makam tersebut.

Beruntungnya, makam Sultan Iskandar Muda ditemukan kembali pada tahun 1952. Saat ini, makam tersebut banyak dikunjungi oleh peziarah.

Itulah 7 peninggalan Kerajaan Aceh yang masih utuh sampai sekarang. Selain itu, ditemukan pula uang emas Kerajaan Aceh, stempel cap Sikureung, pedang Aman Nyerang, dan sejumlah karya sastra yang menjadi peninggalan Kerajaan Aceh.

Editor : Komaruddin Bagja

Follow Berita iNewsAceh di Google News

Bagikan Artikel: