Bangkai Paus Balin Terdampar di Pesisir Aceh Besar, Warga Terganggu Bau Menyengat

Taufan Mustafa ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 06:12:00 WIB
Bangkai Paus Balin Terdampar di Pesisir Aceh Besar, Warga Terganggu Bau Menyengat
Warga Desa Lambaro Neujid, Aceh Besar menguburkan secara manual bangkai paus balin yang terdampar dan mengeluarkan aroma menyengat. (Foto: iNews/Taufan Mustafa)

ACEH, iNews.id - Bangkai paus balin atau baleen whale ditemukan terdampar di pesisir pantai Desa Lambaro Neujid, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Kondisinya sudah membusuk dan mengeluarkan aroma menyengat yang menggangu masyarakat.

Informasi diperoleh iNews, bangkai paus ini diperkirakan sudah terdampar sejak 20 hari lalu. Namun baru diketahui warga saat menjaring ikan karena adanya bau menyengat.

Rahmi Fajri seorang warga setempat mengatakan, bau bangkai paus tersebut bahkan tercium hingga jarak 1 kilometer lebih. Warga kemudian langsung menguburkannya di lokasi secara manual.

"Diperkirakan sudah dua minggu karena sudah baunya busuk kan. Mungkin bangkai paus ini terbawa saat air pasang," ujarnya, Senin (4/1/2021).

Dilihat dari ukurannya, paus ini diperkirakan berukuran mencapai 7 meter dan lebar 2 meter. Saat ditemukan kondisinya hanya tersisa kulit dan tulang belulang.

"Warga berharap tulang belulang paus ini bisa dijadikan mesum. Jadi pernah ada paus terdampar di Lambaro Neujid ini," katanya.

Editor : Donald Karouw