Bantu Masyarakat Selesaikan Masalah Hukum, Sartreskrim Polres Aceh Besar Buka Pojok Hukum

Syukri Syarifuddin ยท Jumat, 19 Februari 2021 - 17:01:00 WIB
Bantu Masyarakat Selesaikan Masalah Hukum, Sartreskrim Polres Aceh Besar Buka Pojok Hukum
Pojok hukum yang dibuka oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Besar. (Foto: iNews/Syukri Syarifuddin)

ACEH BESAR, iNews.id - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Aceh Besar, Aceh membuka Forum Diskusi Peujelas Hukom yang diberi nama Pojok Hukum. Forum ini guna memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan berkaitan dengan hukum. 

Pojok hukum berada tepat di depan ruang Reserse Kriminal Polres Aceh Besar, Aceh. Forum ini terbuka bagi warga yang hendak konsultasi sebelum membuat laporan ke polisi.

Setiap hari, petugas menerima masyarakat yang hendak mengetahui secara jelas persoalan yang mereka hadapi, jika nantinya berujung ke ranah pidana. Tidak sedikit warga yang hendak melapor terhadap kejadian hukum yang dialami, berujung damai dan mengurungkan niat melapor setelah diberikan penjelasan oleh personel Reskrim.

Kasat Reskrim Polres Aceh Besar, Iptu Zeska Julian Taruna mengatakan, selain bagi masyarakakat umum yang hendak mengadu, polisi juga menyediakan penerjemah dah ahli bahasa isyarat untuk mereka yang berkebutuhan khusus. Dengan ini, pesan yang disampaikan warga berkebutuhan khusus bisa diterima secara baik oleh polisi, begitu juga sebaliknya.

“Forum ini menjadi wahana diskusi masyarakat dengan aparat terkait permasalahan yang dihadapi sebelum buat laporan hukum. Tujuannya menyelesaikan masalah di luar jalur hukum,” katanya, Kamis (18/2/2021). 

Pojok hukum yang dikemas dengan adat dan budaya Aceh ini juga merupakan upaya untuk meminimalisasi pelaporan yang diterima polisi terkait kasus hukum yang masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, baik di tingkat keluarga dan desa di wilayah hukum Polres Aceh Besar.

Editor : Umaya Khusniah