Bea Cukai Sita 31.000 Batang Rokok Ilegal di Banda Aceh

Antara · Minggu, 21 Maret 2021 - 11:51:00 WIB
Bea Cukai Sita 31.000 Batang Rokok Ilegal di Banda Aceh
Petugas bea cukai memperlihatkan bungkusan rokok ilegal yang sudah dipotong untuk dimusnahkan. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Bea Cukai Banda Aceh menyita lebih dari 31.000 batang rokok ilegal yang tidak dilekati pita cukai. Barang tersebut diamankan saat dibawa angkutan umum di jalan raya.

"Rokok ilegal tersebut disita dari minibus dari Sigli tujuan Banda Aceh," ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Banda Aceh Heru Djatmika Sunindya, Sabtu (20/3/2021).

Dia mengatakan, nilai rokok yang disita mencapai Rp32,277 juta. Sementara potensi kerugian negara akibat peredaran rokok ilegal tersebut mencapai Rp17,6 juta.

Menurutnya, penyitaan rokok ilegal tersebut berawal dari informasi masyarakat saat tim bea cukai melaksanakan operasi pasar di kawasan Kabupaten Pidie pada Jumat (19/3/2021).

Informasi tersebut menyebutkan ada minibus rute Sigli, Kabupaten Pidie tujuan Banda Aceh membawa rokok ilegal. Tim bea cukai mengejar dan menemukan kendaraan angkut tersebut.

"Petugas memeriksa dan menemukan rokok ilegal dengan jumlah mencapai 31.800 batang dalam paket berisi pakaian," katanya.

Dari pengakuannya pengemudi, dia tidak mengetahui paket berisi pakaian yang dibawanya ada rokok ilegal. Petugas kemudian mempersilakan minibus melanjutkan perjalanan.

"Untuk rokok ilegal tersebut menjadi barang hasil penindakan dibawa ke KPPBc TMP C Banda Aceh dan diproses lebih lanjut," kata Heru.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: