BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Aceh, Warga Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

Antara · Jumat, 30 April 2021 - 11:27:00 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Aceh, Warga Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi
Ilustrasi hujan deras dan angin kencang. (Foto: iNews/Dedi Mahdi).

BANDA ACEH, iNews.id – Sejumlah kabupaten di Aceh diperkirakan akan dilanda hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

“Prakiraan hujan sedang hingga lebat ini akan terjadi hingga tiga hari ke depan pada awal Mei 2021 di beberapa kabupaten/kota,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda, Zakaria Ahmad, Kamis (29/4//2021).

Dia menjelaskan, peringatan dini curah hujan sedang hingga lebat itu pada kategori dua dan empat. Potensi dampak yang diakibatkan seperti banjir dalam sekala menengah di wilayah bataran sungai atau dataran rendah serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dalam sekala menengah hingga tinggi.

“Dalam potensi terjadinya hujan dengan intensitas tinggi kategori dua dan empat ini bisa saja menyebabkan penundaan atau pembatalan penerbangan pesawat,” katanya.

Potensi curah hujan sedang dan lebat hingga awal Mei mendatang itu karena dipicu terbentuknya belokan dan konvergensi angin di wilayah Aceh. Kemudian adanya anomali suhu muka laut di Samudra Hindia Barat Aceh.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2