Bripka Jhony Rahmad Kampanyekan Aceh Bebas Pemasungan ODGJ

Jamal Pangwa ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 12:28:00 WIB
Bripka Jhony Rahmad Kampanyekan Aceh Bebas Pemasungan ODGJ
Kasus pemasungan ODGJ di Aceh masih terjadi. Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh kerap melepas pasien yang belum sembuh total. Foto: Ilustrasi/Okezone

PIDIE JAYA, iNews.id - Kasus pemasungan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Pidie Jaya, Aceh, rupanya masih terjadi. Hal ini membuat Bripka Jhony Rahmad, petugas Polres Pidie Jaya bagian sumber daya mengajak masyarakat untuk berkampanye Aceh bebas pemasungan.

Bripka Jhony, selaku pegiat Komunitas Peduli Anak Yatim dan Duafa (KPAYD) Pidie Jaya, menyatakan hal itu merespons kasus yang dialami Balana (30) warga Gampong Blang Miroe, yang dipasung oleh keluarganya. Langkah pemasungan tentu tidak efektif dalam menangani kasus ODGJ.

"Ayo kita kampanyekan agar di Pidie Jaya bebas pasung," kata Jhony, Sabtu (5/6/2021).

Pemasangungan, kata dia, dilatari berbagai faktor, diantaranya kemiskinan yang dialami keluarga korban karena tidak mampu membawa orang gila tersebut ke rumah sakit jiwa. Ada pula faktor ketidaktahuan atau ketakutan dari keluarga, karena korban sering mengamuk sehingga khawatir melukai diri sendiri dan mencelakakan pada orang lain.

"Orang gila itu harus diobati dan bisa disembuhkan secara total, sehingga bisa kembali bekerja dan beraktivitas seperti orang normal lainnya," ujar Jhony.

Badruddin, paman dari Balana mengatakan, sudah setahun keponakannya itu dipasung di rumah oleh orang tuanya. Keluarga sudah tiga kali membawa Balana ke RSJ Banda Aceh tetapi selalu dilepas rumah sakit sebelum pulih total.

"Karena belum pulih total, Kami takut Balana hilang ditengah jalan atau tidak tahu jalan pulang," ujar Badruddin.

Pihak keluarga berharap jika nanti Balana dirawat kembali, pihak rumah sakit harus benar-benar merawat pasien yang mengalami gangguan jiwa. Tidak melepas begitu saja seperti yang dialami Balana di RSJ Banda Aceh.

"Jika pasien sudah pulih atau sudah boleh pulang bisa menghubungi kami pihak keluarga. Kami pun rutin berkunjung ke RSJ, tapi tidak ada kabar apapun dari pihak RSJ, tahu-tahu Balana sudah berada di kampung," kata Badruddin.

Editor : Erwin Sihombing