Puluhan Imigran Rohingya yang terdampar di Aceh Timur Divaksinasi Covid-19

Antara ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 08:28:00 WIB
Puluhan Imigran Rohingya yang terdampar di Aceh Timur Divaksinasi Covid-19
Petugas melakukan vaksinasi terhadap pengungsi Rohingnya yang terdampar di Pulau Idaman, Desa Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (5/6/2021). Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, memastikan puluhan imigran Rohingya yang terdampar di Pulau Idaman, Desa Kuala Simpang Ulim, menerima vaksinasi covid-19. Dosis yang diterima merupakan bagian dari program vaksinasi massal yang dilaksanakan selama 3-7 Juni 2021.

Menurut Sahminan, dari 81 hanya 70 imigran yang menerima vaksin. Mereka adalah kelompok usia 18 tahun ke atas. 

"Vaksin massal itu diprioritaskan untuk lanjut usia, aparatur sipil negara, pelayanan publik. Namun karena ada puluhan imigran Rohingnya terdampar ke Aceh Timur, maka mereka harus divaksin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Sahminan, Sabtu (5/6/2021).

Dia menegaskan, sekalipun imigran Rohingya telah menerima vaksin, mereka harus menerapkan protokol kesehatan. Warga sekitar juga diharapkan tidak berinteraksi langsung dengan mereka untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19.

Sebelum menerima vaksin, puluhan imigran tersebut juga mengikuti swab test antigen. Hasilnya seluruh imigran dinyatakan nonreaktif.

"Kami juga berharap masyarakat setempat tidak berinteraksi langsung dengan imigran tersebut guna menghindari penularan dan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Aceh Timur," kata dia.

Staf Protection Associate UNHCR, Oktina Hafanti, mengatakan, bakal segera merelokasi 81 etnis Rohingya ini. Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan Pemerintah Kota Lhokseumawe dilakukan untuk menentukan penempatan sementara para imigran itu.

Editor : Erwin Sihombing