Bupati Aceh Barat Pastikan Mantan Kombatan GAM Komitmen dengan Perdamaian Aceh

Antara ยท Senin, 05 April 2021 - 11:37:00 WIB
Bupati Aceh Barat Pastikan Mantan Kombatan GAM Komitmen dengan Perdamaian Aceh
Silaturahmi mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Aceh Utara dipantau petugas kepolisian. (Foto: iNews/Muhammad Jafar)

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) saat ini sudah komitmen dengan perdamaian Aceh yang telah disepakati bersama pemerintah. Tujuannya untuk mewujudkan perdamaian abadi di daerah dengan julukan ‘Serambi Mekkah’ tersebut. 

Penyataan tersebut disampaikan Bupati Aceh Barat, Ramli MS seusai menghadiri kegiatan zikir dan doa bersama mantan panglima GAM dan eks kombatan GAM Libya. Acara digelar di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (4/4/2021). 

“Jadi, pemerintah tidak perlu ragu dengan komitmen perdamaian ini. Orang Aceh, kalau sudah menyatakan setia (kepada NKRI) tetap akan setia,” kata Ramli MS. 

Menurutnya, upaya damai yang telah disepakati antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada tanggal 15 Agustus 2005 lalu di Helsinki, Finlandia merupakan sebuah komitmen bersama untuk terus merawat perdamaian Aceh hingga saat ini. Komitmen tersebut dibuktikan dengan kondusifnya situasi keamanan dan ketertiban secara nasional di Aceh hingga saat ini.

Dia berharap pemerintah pusat terus menjalin komunikasi dengan pemangku kebijakan di Aceh. Di antaranya Pemerintah Aceh, Wali Nanggroe Aceh dan unsur Komite Peralihan Aceh (KPA).

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2