Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Tulisan Arab, Latin, Arti dan Keutamaan

Kastolani · Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:42:00 WIB
Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Tulisan Arab, Latin, Arti dan Keutamaan
Doa sesudah sholat fardhu yang perlu diamalkan Muslim karena ada keutamaan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Doa sesudah sholat fardhu yang pendek maupun panjang perlu diamalkan Muslim tiap selesai melaksanakan sholat. Sebab, ada keutamaan di dalamnya lantaran merupakan salah satu waktu yang mustajab.

Anjuran berdoatermaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS. AL Mu'min: 60)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan bahwa ayat tersebut berisi tentang karunia dan kemurahan Allah SWT. Allah menganjurkan kepada hamba-hamba-Nya untuk meminta kepada-Nya dan Dia menjamin akan memperkenankan permintaan mereka.

Doa sesudah Sholat Fardhu yang Pendek

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa yakni doa sesudah sholat fardhu. Karena itu, Muslim dianjurkan memanfaatkan waktu tersebut untuk banyak berdoa. 

Keutamaan doa sesudah sholat fardhu ini disebutkan dalam hadits sebagaimana yang diriwayatkan Abu Umamah:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan.

Doa sesudah sholat fardhu ini selain bisa dilakukan sendiri, juga sebaiknya mengikuti imam saat memanjatkan doa dengan mengucapkan amin. 

Dalam hadits berikut menjelaskan keutamaan membaca Amin saat ada yang berdoa:

عن أبي هريرة قال للناس سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لا يجتمع ملأ فيدعو بعضهم ويؤمن سائرهم إلا أجابهم الله. رواه الطبراني ورجاله رجال الصحيح غير ابن لهيعة وهو حسن الحديث.

“Dari Abu hurairah radhiallahu anhu berkata dia mendengar Rasulullah SaW bersabda bahwa tidak ada suatu kaum yang berkumpul, sebagian mereka berdoa dan sebagian lain mengamini, kecuali Allah mengabulkan doa mereka” (HR Thabrani, para perawinya sahih, kecuali Ibnu Luhaiah, ia hadisnya hasan).

Sebelum memanjatkan doa sesudah sholat fardhu, lazim diawali dengan membaca dzikir. Adapun keutamaan berdzikir sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi SAW.

"Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah memiliki para Malaikat yang berkeliling di jalanan untuk mencari orang-orang ahli dzikir. Dan ketika mereka menemukan sekelompok orang yang senantiasa berdzikir kepada Allah, para Malaikat ini kemudian memanggil, “Ambillah kebutuhan kalian.” (HR. Muttafakun Alaihi. Tirmidzi dan Ahmad).

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: