Gubernur Aceh Minta Menko Polhukam Perpanjang Dana Otsus

Antara · Rabu, 25 Agustus 2021 - 12:53:00 WIB
Gubernur Aceh Minta Menko Polhukam Perpanjang Dana Otsus
Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat melakukan pertemuan dengan Menko Polhukam Mahfud MD, di Kantor Kemenko Polhukam, ‪Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta‬ Pusat. Foto: Antara/HO/Humas Pemerintah Aceh

BANDA ACEH, iNews.id - Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta Menko Polhukam Mahfud MD membantu untuk memperpanjang dana otonomi khusus (otsus). Permintaan tersebut disampaikan Nova ketika menyambangi Mahfud di Kantor Menko Polhukam, Selasa (24/8/2021).

Dana Otsus Aceh dari pemerintah pusat dimulai pada 2008 dan berakhir 2027. Nova menilai perpanjangan bantuan otsus bakal mempermudah Aceh menyelesaikan tahapan integrasi.

“Kami berharap Menko Polhukam dapat kiranya mendukung penuh, masalah masa depan Otsus Aceh, serta dapat mendorong kelengkapan peraturan hukum,” katanya.

Dia meyakini Mahfud memahami situasi Aceh. Nova optimistis Menko Polhukam akan membahas perpanjangan dana otsus.

“Kami mohon kiranya dapat diperpanjang dengan alasan proses integrasi yang belum selesai,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Nova juga melaporkan perkembangan perdamaian di Aceh. Dia juga menyampaikan angka kemiskinan di Aceh pada periode 2017-2020 mengalami penurunan namun meningkat akibat pandemi Covid-19.

Pada awal pandemi, angka kemiskinan mengalami kenaikan. Namun dibandingkan 2017-2020 tetap ada penurunan dari 15,92 persen menjadi 15,33 persen atau turun sebesar 0,59 poin.

Pertemuan tersebut juga membahas persiapan Aceh melaksanakan Pemilu 2024. Nova mengaku sudah menempatkan alokasi tahun 2022 untuk pendidikan politik.

“Hanya saja belum ada juknis tentang Pemilu 2024, sehingga penganggaran 2022 belum tersedia sesuai pentahapan baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” kata Nova.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: