Hama Lalat Serang 4 Desa di Aceh Barat, Dinkes Turun Tangan

Antara · Kamis, 07 Oktober 2021 - 09:09:00 WIB
Hama Lalat Serang 4 Desa di Aceh Barat, Dinkes Turun Tangan
Hama lalat menyerang empat desa di Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh (Ilustrasi Lalat/Antara)

ACEH BARAT, iNews.id - Hama lalat menyerang empat desa di Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Untuk mengetahui penyebab serangan hama lalat ini, Dinkes setempat melakukan penyelidikan.

“Saat ini tim dari Dinas Kesehatan sedang bekerja di lapangan, petugas kami sedang melakukan penyelidikan terkait persoalan hama lalat ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, Kamis (7/10/2021).

Menurutnya, desa yang mengalami serangan hama lalat yakni Desa Peuribu dan Cot Kumbang, Kecamatan Arongan Lambalek serta Desa Suak Seumaseh dan Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

Syarifah Junaidah mengatakan berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan tim kesehatan, serangan hama lalat tersebut diduga berasal dari kawasan peternakan ayam pedaging di daerah ini.

"Dugaan sementara, serangan hama lalat ini karena adanya peternakan ayam di sekitar permukiman warga,” katanya.

Untuk membuktikan temuan tersebut, kata dia, tim masih terus mengumpulkan keterangan dari masyarakat dan akan mengambil langkah tepat, guna mengatasi serangan hama lalat di permukiman warga.

Panglima Laut Amiruddin, tokoh masyarakat Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, mengatakan serangan hama lalat itu meresahkan warga.

Dia mengatakan serangan hama lalat tersebut telah menyebabkan masyarakat tidak nyaman beraktivitas, termasuk harus melindungi makanan dan minuman dari hinggapan lalat.

“Kami sangat khawatir dengan persoalan ini, kami berharap segera ada langkah tegas dari pemerintah daerah,” kata Amiruddin. 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: