Harta Karun dari Kapal Karam Ini Gegerkan Indonesia, Ada Koin Emas Bertulis Arab di Aceh

Ni Ketut Candra Puspita ยท Minggu, 12 Juni 2022 - 14:40:00 WIB
Harta Karun dari Kapal Karam Ini Gegerkan Indonesia, Ada Koin Emas Bertulis Arab di Aceh
Ilustrasi harta karun berupa koin emas (Foto: extravaganzi.com)

JAKARTA, iNews.id - Harta karun dari kapal karam tak hanya ada di luar negeri. Di Indonesia, ternyata banyak warga yang berhasil menemukan harta sejarah itu. Bahkan, penemuannya menggegerkan warga nusantara lantaran ada emas, uang dan perhiasan. 

Salah satu harta ditemukan pascainsiden tsunami di Aceh tahun 2004 silam. Selain itu ada kapal karam membawa harta karun itu di perairan Belitung, perairan Cirebon.

Harta karun yang ditemukan tak hanya emas dan perhiasan, tetapi juga barang-barang lainnya yang bernilai tinggi seperti artefak. 

Simak penemuan harta karun kapal karam di Indonesia:

1.  Harta Karun ditemukan Pasca- Tsunami Aceh

Ilustrasi koin emas bertuliskan huruf arab (okezone)
Ilustrasi koin emas bertuliskan huruf arab (okezone)

Harta karun ini ditemukan oleh seorang perempuan bernama Fatimah. Saat itu, dia sedang menyisir rawa-rawa untuk mencari tiram di Desa Gamping Pande, Aceh. Harta ini ditemukan dalam bentuk kotak yang tertutupi koral dan tiram. 

Kotak ini tiba-tiba terbuka saat Fatimah memukul permukaannya untuk mengambil tiram. Fatimah kaget karena kotak yang berisi koin emas dengan tulisan aksara Arab ini tumpah. 

Koin ini diperkirakan berasal tahun 1200 hingga 1600 Masehi. Penemuan harta karun ini ditemukan dekat kuburan kuno penguasa abad ke-13 yang keberadaannya ditemukan setelah tsunami dahsyat Aceh tahun 2004 lalu. Sebelum kejadian tsunami, masyarakat sekitar tidak berani untuk mengusik makam ini karena ketakutan arwah mendiang penguasa itu akan marah.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: