Hindari Zona Merah, Aceh Besar Tutup Objek Wisata Pantai

Taufan Mustafa · Minggu, 30 Mei 2021 - 08:36:00 WIB
Hindari Zona Merah, Aceh Besar Tutup Objek Wisata Pantai
Satgas Covid-19 Aceh Besar menutup sementara objek wisata Sabtu (29/5/2021), untuk menghindari wilayah tersebut berstatus zona merah. Keputusan menutup objek wisata menindaklanjuti Instruksi Mendagri tentang perpanjangan PPKM mikro. Foto: Istimewa

ACEH BESAR, iNews.id - Satgas Covid-19 Aceh Besar menutup sementara seluruh objek wisata pantai mulai dari Lhoknga hingga Kecamatan Lhoong, pada Sabtu (29/5/2021). Penutupan tempat wisata dilakukan menindaklanjuti Instruksi Mendagri No.11/2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Riki Kurniawan, mengatakan, penutupan objek wisata pantai, dilakukan karena ketentuan dalam Instruksi Mendagri mengamanatkan wilayah PPKM skala mikro di zona oranye yang menuju zona merah harus menutup objek wisata. Tujuannya untuk mencegah kerumunan yang berpotensi terjadi penularan Covid-19.

"Jadi Satgas Covid-19 Aceh Besar menutup sementara tempat-tempat wisata di wilayah hukum Aceh Besar," kata Riki.

Satgas Covid-19 telah memasang spanduk pemberitahuan penutupan objek wisata di pantai-pantai di Aceh Besar. Satgas juga memberi imbauan kepada pengelola tempat wisata, dan pedagang untuk tidak melayani pengunjung atau wisatawan.

"Kita juga mengimbau atau memaksa pengelola wisata untuk melaksanakan prokes dengan ketat," ujarnya.

Penutupan tempat wisata bisa diterima oleh salah satu pedagang, Siti Maryam. Namun dia berharap kebijakan ini tidak dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut Maryam, wisatawan yang mengunjungi Pantai Lhoknga, atau objek wisata pantai lainnya di Aceh Besar jumlahnya sudah sedikit. Artinya kondisi pedagang di objek-objek wisata pantai Aceh Besar mengalami penurunan pemasukan.

"Kalau bisa jangan terlalu lama karena bagaimana nanti kita mencari sesuap nasi. Pengunjungnya juga tidak seramai dulu, sudah berkurang," katanya.

Editor : Erwin Sihombing