Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 77, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Jumat, 16 September 2022 - 15:32:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 77, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
Hukum Tajwid surat Ali Imran Ayat 77 (Foto: Sena Koksal)

JAKARTA, iNews.id - Hukum Tajwid surat Ali Imran Ayat 77 menjadi pelajaran penting dan bermanfaat. Terdapat banyak kaidah bacaan yang perlu dipahami dalam ayat tersebut.

Surat Ali Imran adalah surat ketiga dalam Al Quran dan termasuk golongan Madaniyah karena turun di Kota Madinah. Surat Ali Imran terdiri dari 200 ayat dan tidak hanya membahas tentang keesaan serta kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala, tapi juga membahas berbagai pengajaran dalam setiap ayatnya. 

Di dalam ayat 77, menjelaskan tentang orang-orang yang berkhianat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Berikut ini adalah bunyi dan arti surat Ali Imran ayat 77:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَشْتَرُوْنَ بِعَهْدِ اللّٰهِ وَاَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا قَلِيْلًا اُولٰۤىِٕكَ لَا خَلَاقَ لَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللّٰهُ وَلَا يَنْظُرُ اِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَلَا يُزَكِّيْهِمْ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Arab-Latin:

Innallażīna yasytarụna bi'ahdillāhi wa aimānihim ṡamanang qalīlan ulā`ika lā khalāqa lahum fil-ākhirati wa lā yukallimuhumullāhu wa lā yanẓuru ilaihim yaumal-qiyāmati wa lā yuzakkīhim wa lahum 'ażābun alīm

Artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang memperjualbelikan janji Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga murah, mereka itu tidak memperoleh bagian di akhirat, Allah tidak akan menyapa mereka, tidak akan memperhatikan mereka pada hari Kiamat, dan tidak akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.

Untuk memahami lebih rinci mengenai hukum tajwid surat Ali Imran ayat 77, berikut ini uraian detail dan penjelasannya yang dilansir iNews.id, Jumat (16/9/2022).

Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 77:

1. اِنَّ =  Gunnah. Karena ada nun bertanda baca tasydid. cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

2. الَّذِيْنَ = Alif Lam Syamsiyah. Karena ada alif lam diikuti salah satu huruf syamsiyah dzal. Cara membacanya memasukkan (mengidghamkan) Al (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiah.

3. الَّذِيْنَ = Mad Thabi'i. Karena ada kasrah diikuti ya sukun. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

4. يَشْتَرُوْنَ = Mad Thabi'i. Karena ada dhummah diikuti wawu sukun. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

5. بِعَهْدِ اللّٰهِ = Lam Jalalah Tarqiq. Karena lam jalalah (الله) didahului kasroh. Dibaca tipis.

6. وَاَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا = Idzhar Syafawi. Karena mim sukun bertemu huruf hijaiyah selain mim dan ba. Dibaca dengan menyuarakan mim mati secara jelas di bibir serta mulut tertutup

7. قَلِيْلًا = Mad Thabi'i. Karena ada kasrah diikuti ya sukun. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

8. ثَمَنًا قَلِيْلً = Ikhfa. Karena ada nun tanwin bertemu dengan qaf. Cara membacanya yakni dengan memadukan antara suara nun tanwin dengan suara huruf di depannya. Ikhfa biasanya ditahan kira-kira dua sampai tiga ketukan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: