Ikan di Sungai Kawasan Nagan Raya Mati, DLHK Ambil Sampel Air untuk Diperiksa 

Antara · Kamis, 18 Februari 2021 - 11:06:00 WIB
Ikan di Sungai Kawasan Nagan Raya Mati, DLHK Ambil Sampel Air untuk Diperiksa 
Ilustrasi ikan mati di sungai. (Foto: Antara)

SUKA MAKMUE, iNews.id Ikan-ikan air tawar di sepanjang aliran sungai di kawasan Lamie, Nagan Raya, Aceh mati. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Nagan Raya tengah menelusuri penyebab kematian ikan-ikan tersebut. 

“Kami sudah mengambil sampel air untuk dibawa ke laboratorium di Banda Aceh, guna memastikan penyebab matinya ikan-ikan itu,” kata Kepala Bidang Amdal DLHK Nagan Raya, Jufrizal, Rabu (17/2/2021).

Dia menambahkan, persoalan matinya ikan air tawar di Kecamatan Darul Makmur tersebut kini menjadi perhatian serius pemerintah daerah setempat. Pasalnya, persoalan ini sudah terjadi beberapa kali.

Meski sudah melakukan pengambilan sampel air, namun pihaknya mengaku belum bisa memastikan penyebab kematian ikan-ikan tersebut. Penyebab matinya ikan air tawar ini akan bisa diketahui setelah hasil pemeriksaan sampel air di laboratorium terbit.

Sebelumnya, warga Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Arifin mengatakan, penyebab matinya ikan air tawar di aliran sungai setempat, sudah terjadi selama beberapa kali sejak tahun 2018. Dampak kematian ikan tersebut telah menyebabkan masyarakat resah.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: