Indonesia Batal Memberangkatkan Jemaah Haji, Menag: Kabar Soal Utang Hoaks

iNews.id ยท Kamis, 03 Juni 2021 - 14:48:00 WIB
Indonesia Batal Memberangkatkan Jemaah Haji, Menag: Kabar Soal Utang Hoaks
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas . Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut membantah jika disebut keputusan pemerintah tidak memberangkatkan haji tahun 2021 karena Indonesia masih memiliki utang dengan Arab Saudi. Menurut Gus Yaqut, informasi itu bohong atau hoaks.

Gus Yaqut menegaskan, keputusan membatalkan keberangkatan haji dikarenakan tingginya kasus Covid-19 yang masih melanda dunia. Yaqut menyebut, seluruh dana calon jemaah haji yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1441 H/2020 M aman dan akan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

“Setoran pelunasan Bipih dapat diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan, jadi uang jemaah aman. Dana haji aman, Indonesia juga tidak punya utang atau tagihan yang belum dibayar terkait haji, info soal tagihan yang belum dibayar itu hoaks," kata Gus Yaqut, dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Menag menyampaikan simpati kepada seluruh jemaah haji gagal melaksanakan ibadah karena terdampak pandemi Covid-19. Untuk memudahkan akses informasi masyarakat, selain Siskohat, Kemenag juga telah menyiapkan posko komunikasi di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. 

“Keputusan ini pahit. Tapi inilah yang terbaik. Semoga ujian Covid-19 ini segera usai,” ujar Menag.

Editor : Erwin Sihombing