Ingat Sejarah, KSAU Beri Bantuan untuk Masyarakat Aceh

Riezky Maulana · Jumat, 16 Juli 2021 - 10:00:00 WIB
Ingat Sejarah, KSAU Beri Bantuan untuk Masyarakat Aceh
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memperingati Hari Bhakti ke-74 TNI AU secara virtual dari Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, (15/7/2021). Pada kesempatan itu KSAU memberikan bantuan untuk masyarakat Aceh. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memberikan bantuan sosial untuk masyarakat Aceh dalam memperingati Hari Bhakti ke-74 TNI AU. KSAU menempatkan masyarakat Aceh secara istimewa karena dalam sejarahnya pernah memberikan pesawat angkut VIP Dakota RI-001 Seulawah untuk TNI pada awal kemerdekaan.

Peresmian bantuan dilaksanakan secara virtual dari Gedung Auditorium Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, (15/7/2021) dan disaksikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Pada kesempatan itu, Fadjar mengajak insan dirgantara untuk tidak lupa sejarah.

"Sebagai insan dirgantara, penting untuk mengenang sejarah agar dapat menumbuhkan semangat pengabdian generasi penerus dalam melanjutkan perjuangan. Untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia," kata Fadjar dalam keterangannya, Jumat (16/7/2021).

TNI AU menggelar berbagai macam bakti sosial seperti pembuatan jalan, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), renovasi TK dan Paud Angkasa Lanud SIM. Selain itu TNI AU merenovasi Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Desa Peunayong dan MCK Cagar budaya, dan memberikan bantuan mobil truk water treatment.

Selain itu, TNI AU juga memberi bantuan kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu, kaca mata baca, paket sembako, pemberian pelatihan dan peralatan UMKM, pemeriksaan layanan kesehatan, serta pencanangan Paud Holistic Integrative. Dalam pelaksanaannya, TNI AU menggandeng sejumlah instansi, seperti Kemensos, Pemda Aceh, Walubi, Angkasa Pura 2, dan PIA Ardhya Garini,

Pada kesempatan tersebut KSAU juga menandatangani prasasti pembangunan rumah tidak layak huni dan renovasi fasilitas umum di beberapa wilayah Kabupaten Aceh Besar. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengapresiasi bantuan dari TNI AU ini.

"Bantuan TNI AU tidak hanya meringankan beban warga tetapi memberi dukungan moral untuk bangkit dari tekanan pandemi," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing