Kabar Baik, Ibu Rumah Tangga Akan Dapat BLT untuk Penuhi Kebutuhan Dapur

Rina Anggraeni · Selasa, 05 Januari 2021 - 11:37:00 WIB
Kabar Baik, Ibu Rumah Tangga Akan Dapat BLT untuk Penuhi Kebutuhan Dapur
BLT segera cair. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kabar baik bagi para ibu rumah tangga di Indonesia yang termasuk paling merasakan dampak pandemi Covid-19. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan dapur. 

Menurut Sri Mulyani, bantuan itu disiapkan menyusul tingginya kekerasan rumah tangga akibat pandemi Covid-19. Dia menilai kekerasan dalam rumah tangga sebagai efek Covid-19 wajib diwaspadai. Pasalnya, pandemi Covid-19 secara tidak langsung menyerang kesehatan mental.

"Ini harus waspadai, jadi bukan hanya kualitas uang yang berdampak efek Covid-19 saja tapi dari sisi mental dan kesehatan masyarakat harus kita waspadai," ujar Menkeu di Jakarta, Selasa (5/1/2020).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan program bantuan langsung tunai (BLT) kepada ibu rumah tangga untuk menekan tingkat kekerasan rumah tangga. Bantuan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan dapur.

"Kami siapkan anggaran, tapi nanti ibu rumah tangga yang menerima untuk mengatasi kebutuhan dapur. Jadi PKH (Program Keluarga Harapan) ini memang ditujukan untuk perempuan," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penyaluran bansos pada tahun ini lebih cepat sampai dan tepat sasaran. Dia pun telah memberikan bantuan tunai pada awal 2021.

Editor : Maria Christina