Karhutla di Aceh Tengah Hanguskan 13 Hektare Lahan Warga

Antara · Kamis, 05 Agustus 2021 - 16:46:00 WIB
Karhutla di Aceh Tengah Hanguskan 13 Hektare Lahan Warga
Karhutla yang melanda dua kecamatan di Aceh Tengah menghanguskan 13 hektare lahan warga. Kepolisian masih mendalami kronologi kejadian. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

BANDA ACEH, iNews.id - Karhutla yang terjadi di Aceh Tengah, Rabu (4/8/2021) menghanguskan 13 hektare lahan milik warga di Desa Mendale, Kecamatan Kebayakan dan Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar. Lahan yang terbakar di Mendale sekitar 9 hektare sedangkan di Desa Dedalu 4 hektare.

"Kronologinya masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib. Tidak ada korban terdampak dan korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, Kamis (5/8/2021).

Kebakaran di dua desa tersebut terjadi pada pukul 18.00 WIB. BPBD langsung mengerahkan dua unit pemadam kebakaran dari posko induk ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

"Kondisi terakhir api di Desa Mendale belum berhasil dipadamkan, sedangkan di Desa Dedalu sudah berhasil dipadamkan pukul 18.30 WIB," ujarnya.

Karhutla juga melanda tiga kecamatan dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah, dengan luas mencapai 34 hektare, sejak Selasa (3/8/2021). Kebakaran berpusat di lahan pinus dan kebun kopi warga.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: