Kasus Korupsi Beasiswa, Polda Aceh Sudah Terima Rp1,15 Miliar Uang Pengembalian

Antara · Rabu, 07 September 2022 - 19:01:00 WIB
Kasus Korupsi Beasiswa, Polda Aceh Sudah Terima Rp1,15 Miliar Uang Pengembalian
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy. (Foto : Humas Polri)

BANDA ACEH, iNews.id - Polda Aceh telah menerima pengembalian uang negara dari kasus dugaan tindak pidana korupsi beasiswa dengan jumlah keseluruhan mencapai Rp1,15 miliar. Dalam kasus ini, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh telah menetapkan tujuh tersangka.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan uang beasiswa tersebut dikembalikan puluhan mahasiswa penerima yang tidak memenuhi syarat.

"Uang tersebut dikembalikan melalui posko yang dibentuk penyidik. Sampai saat ini, ada 70 penerima mengembalikan uang beasiswa. Mereka yang mengembalikan ini yang tidak memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa," ujarnya, Rabu (7/9/2022).

Dia mengatakan, beasiswa tersebut merupakan bantuan Pemerintah Aceh tahun anggaran 2017 dengan jumlah mencapai Rp22,3 miliar. Total penerimaan beasiswa tersebut sebanyak 803 mahasiswa.

Sampai saat ini, dari 803 penerima beasiswa yang sudah selesai diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebanyak 467 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 93 orang dinyatakan memenuhi syarat menerima beasiswa tersebut.

"Sedangkan 368 mahasiswa tidak cukup syarat atau tidak memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa. Kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp10 miliar lebih," katanya.

Menurutnya, saat ini masih ada 324 penerima beasiswa yang belum diaudit BPKP. Dari 324 mahasiswa tersebut, 59 orang di antaranya sudah dimintai keterangan penyidik Polda Aceh.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: