Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung, Berisiko Kematian jika pada Tingkat Akut

Tati Rukmanah ยท Kamis, 29 September 2022 - 15:42:00 WIB
Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung, Berisiko Kematian jika pada Tingkat Akut
Ilustrasi, ciri-ciri asam lambung biasanya terasa sakit pada bagian perut disertai rasa mual. (Foto: Istimewa).

BANDA ACEH, iNews.id - Ciri-ciri asam lambung biasanya terasa sakit pada bagian perut disertai rasa mual. Bahkan, terkadang hingga muntah

Gangguan kesehatan tersebut merupakan kondisi yang disebabkan naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan.  Asam lambung ini berisiko kematian jika sudah pada tingkat akut.

Diketahui, saluran pencernaan tubuh memiliki pintu masuk ke perut berupa katup, seperti cincin otot disebut sfingter esofagus bagian bawah. 

Dalam keadaan normal, katup tersebut dapat kembali tertutup rapat setelah dilewati makanan. Namun, begitu ada masalah, kinerja katup bisa terganggu sehingga klep ini tidak tertutup sempurna atau terkadang terbuka. 

Berikut ciri-ciri asam lambung: 

1. Heartburn 

Merupakan ciri yang paling kerap dilaporkan oleh para penderitanya. Heartburn, yaitu sensasi panas mirip terbakar yang tidak nyaman pada dada. 

Tingkat keparahan heartburn biasanya dirasakan oleh penderita asam lambung bisa ringan atau bahkan sampai menyakitkan. 

2. Mulut terasa asam atau pahit

Naiknya asam lambung dari perut singgah pada belakang tenggorokan sampai mulut, sehingga para penderitanya akan merasakan asam atau pahit. 

Beberapa penderita juga melaporkan, rasa asam atau pahit tersebut diikuti oleh timbulnya rasa panas mirip terbakar di tenggorokan dan mulut. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: