Lansia di Banda Aceh yang Divaksin Baru 2 Persen

Syukri Syarifuddin · Selasa, 08 Juni 2021 - 16:36:00 WIB
Lansia di Banda Aceh yang Divaksin Baru 2 Persen
Satgas Covid-19 Banda Aceh menggiatkan sosialisasi vaksinasi untuk kalangan lansia. Sasaran lansia yang menerima vaksinasi Covid-19 di Banda Aceh baru 2 persen. Foto: iNews.id/Syukri Syarifuddin

BANDA ACEH, iNews.id - Kelompok lanjut usia (lansia) yang telah menerima vaksinasi Covid-19 di Banda Aceh, baru dua persen. Dinas Kesehatan Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menggiatkan sosialisasi vaksinasi untuk lansia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Banda Aceh, bekerja sama dengan kecamatan dan puskesmas akan menyediakan fasilitas vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Kejar target vaksinasi Covid-19 untuk lansia penting karena masuk dalam kelompok rentan.

"Cakupan vaksin untuk lansia masih rendah, di bawah 5 persen. Sedangkan berdasarkan statistik angka kematian Covid-19 lebih dari 80 persen usia 50 tahun ke atas," kata Sekretaris Dinkes Banda Aceh, Darwis, Selasa (8/6/2021).

Dia meminta pihak kecamatan menyosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk lansia ke gampong-gampong untuk meningkatkan partisipasi. Dinkes juga akan melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi terhadap lansia.

Kepala Puskesemas Jaya Baru, Rina Arlini, mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan data untuk mengetahui secara pasti jumlah lansia sasaran vaksinasi. Namun dia menargetkan 100 lansia bisa menerima vaksin dosis pertama.

"Target kita 100 orang untuk vaksinasi," ujarnya.

Progres vaksinasi bagi lansia di Banda Aceh berjalan lamban dibandingkan progres vaksinasi untuk nakes dan petugas pelayanan publik. Satgas Covid-19 masih berupaya memotivasi kelompok sasaran untuk mencapai kekebalan kelompok.

Editor : Erwin Sihombing