Pansus DPR Aceh Temukan Banyak Kejanggalan dalam LKPJ Gubernur

Taufan Mustafa ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 17:04:00 WIB
Pansus DPR Aceh Temukan Banyak Kejanggalan dalam LKPJ Gubernur
Sidang Paripurna DPR Aceh menyampaikan poin-poin rekomendasi dari hasil temuan atasu LKPJ gubernur. Pansus menilai banyak program yang terealisasi di luar perencanaan. Foto: Istimewa

BANDA ACEH, iNews.id - Panitia Khusus (Pansus) DPR  menemukan banyak kejanggalan dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada tahun anggaran 2020. Pansus mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada gubernur untuk segera memberi jawaban.

Poin rekomendasi tersebut disampaikan dalam sidang paripurna DPR Aceh, Selasa (8/6/2021). Anggota Tim Pansus membacakan poin-poin rekomendasi secara bergantian.

"Ini menjadi tantangan terbesar Gubernur Nova Iriansyah untuk memperbaiki tata kelola keuangan," kata Ketua Pansus, Sulaiman, usai rapat paripurna.

Menurut Sulaiman, poin rekomendasi dari pansus didapat bukan hanya dari hasil telaah LKPJ yang jumlahnya lebih dari 100 halaman. Pansus juga turun ke lapangan untuk melihat realisasi program.

Dia mengatakan, banyak persoalan yang ditemukan di lapangan. Persoalan yang dimaksud yaitu, reposisi anggaran yang tidak sesuai dengan harapan, serta pelaksanaan program di Dinas Sosial, Dinas PUPR dan dinas-dinas lain yang tidak sesuai perencanaan.

Sulaiman bahkan menyebut, sejak Aceh menjadi otonomi khusus, baru kali ini terjadi dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) mencapai Rp3,9 triliun. Artinya ada persoalan serius dalam pengelolaan anggaran.

"Dana Silpa, sejak Aceh jadi wilayah otonomi, baru kali ini terbesar Rp3,9 triliun, nyaris Rp4 triliun," katanya. 

Usai rapat paripurna, Sekda Aceh, Taqwallah, menolak memberi tanggapan ketika ditanyai temuan pansus. Taqwallah yang pernah diperiksa KPK memilih untuk segera meninggalkan ruangan sidang paripurna.

Editor : Erwin Sihombing