Pantai Simuelue Tak Lagi Dibanjiri Surfer

Antara ยท Minggu, 18 Juli 2021 - 14:40:00 WIB
Pantai Simuelue Tak Lagi Dibanjiri Surfer
Peselancar saat mengikuti event Aceh Surfing International Championship di Pantai Matanurung, Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, Aceh. Foto: Antara/Ampelsa

BANDA ACEH, iNews.id - Pantai Simuelue, Aceh, tak lagi dibanjiri peselancar (surfer) mancanegara. Terhitung sejak pandemi Covid-19 melanda pada 2020 hingga kini kawasan pantai tak lagi mendapatkan kunjungan dari wisatawan Australia maupun Prancis yang biasanya berselancar di pantai.

Bupati Siemulue, Erli Hasim, memaklumi menurunnya wisata unggulan ini. Padahal pada 2019, Siemulue telah go international dan didatangi lebih dari 1000 pelancong internasional.

"Sebenarnya kita sudah go international, tapi karena pandemi semuanya terpagari, jadi tidak ada yang bisa terbang. Kita maklum karena kondisi ini terjadi hampir di seluruh dunia," kata Erli, Sabtu (17/7/2021).

Sebelum pandemi Covid-19, lanjut Erli, tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Simeulue cukup bagus. Bahkan hampir setiap hari ada penerbangan baik pergi maupun datang.

"Banyak bule yang meminati Simeulue terutama dalam bidang surfing, itu memang sebuah nikmat yang luar biasa, gelombang terbaik menurut teman-teman wisatawan mancanegara," ujarnya.

Pemerintah telah menetapkan Simeulue sebagai salah satu destinasi selancar terbaik di nusantara. Daerah kepulauan itu sudah tiga kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan surfing internasional pada 2013 hingga 2017 yang pesertanya berasal dari 17 negara di dunia. 

Editor : Erwin C Sihombing