Pastikan Persediaan Daging Aman, Pemkot Banda Aceh Sediakan Ratusan Sapi dan Kerbau 

Antara · Kamis, 08 April 2021 - 14:29:00 WIB
Pastikan Persediaan Daging Aman, Pemkot Banda Aceh Sediakan Ratusan Sapi dan Kerbau 
Hewan kerbau. (Foto: Istimewa)

BANDA ACEH, iNews.id – Ratusan ekor sapi dan kerbau telah disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh. Hewan-hewan ini disediakan untuk memastikan persediaan daging tercukupi selama bulan Ramadan

"Untuk persediaan ternak sapi dan kerbau saat ini sekitar 610 ekor. Sapi sebanyak 581 ekor dan kerbau sebanyak 29 ekor," kata Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Banda Aceh, Zulkifli Syahbuddin, Rabu (7/4/2021).

Dia mengatakan, harga daging di Banda Aceh naik menjelang Ramadan (adat meugang). Biasanya Rp130.000 per kilogram, naik menjadi Rp140.000-Rp170.000.

Setiap pemotongan ternak dan penjualan daging di Banda Aceh harus mendapat izin tertulis dari pemerintah melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) setempat. Hal itu untuk memastikan daging yang dijual di Banda Aceh aman, sehat, utuh dan halal serta layak dikonsumsi.
 
“Jadi sebaiknya mereka mendaftarkan pemotongan ternaknya di UPTD RPH Banda Aceh agar pemotongan serta sanitasi dan higienisnya terjamin,” ujarnya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2