Pemeriksaan di Posko Penyekatan PPKM Mikro Disamakan dengan Situasi Konflik Aceh

Antara ยท Rabu, 14 Juli 2021 - 17:42:00 WIB
Pemeriksaan di Posko Penyekatan PPKM Mikro Disamakan dengan Situasi Konflik Aceh
Personel TNI dan Polri menghentikan kendaraan warga untuk memeriksa kelengkapan surat melintas saat operasi pengetatan PPKM Mikro di Bundaran Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Sabtu (10/7/2021). Foto: Antara/Ampelsa

BANDA ACEH, iNews.id - Pemeriksaan petugas di posko penyekatan PPKM mikro di Aceh dituding serupa dengan situasi konflik Aceh. Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdul Gani, membantahnya dengan menyebut petugas melakukan pengawasan secara humanis dan persuasif.

"Pemeriksaan di posko penyekatan untuk memutuskan rantai penularan virus corona guna melindungi masyarakat Aceh. Tidak benar ada pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19 pada masyarakat Aceh seperti sweeping KTP Merah-Putih saat konflik dulu,” kata Saifullah, Rabu (14/7/2021).

Saifullah membantah isu tentang kurang humanisnya petugas pemeriksa di posko penyekatan PPKM Mikro. Apalagi sampai menyamakannya dengan situasi masa konflik Aceh.

"Petugas memeriksa kendaraan untuk memastikan penumpangnya tidak melebihi 50 persen dari kapasitas kendaraan, dan semuanya memakai masker," kata dia.

Dia menyatakan, petugas Satpol PP/WH  didukung TNI dan Polri bertindak simpatik, edukatif, dan persuasif kepada masyarakat yang melintas pada posko penyekatan. Ketentuan check point ini telah diatur dalam Instruksi Gubernur Aceh Nomor 12 Tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM berbasis mikro.

Menurut dia petugas lapangan sangat memerhatikan pelintas dari luar daerah untuk mencegah menyebarnya virus corona varian baru ke Aceh. Terutama pendatang dari luar daerah yang telah terjadi transmisi virus corona varian baru Alfa, Beta, atau Delta.

"Terhadap pelintas dari luar daerah Aceh itu, petugas memeriksa suhu tubuhnya, meminta menunjukkan surat keterangan hasil negatif swab PCR/antigen dan memeriksa status vaksinasi Covid-19," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing