Bangkai Gajah Tanpa Kepala Ditemukan di Aceh Timur, Polda Bentuk Timsus

Taufan Mustafa · Rabu, 14 Juli 2021 - 16:47:00 WIB
Bangkai Gajah Tanpa Kepala Ditemukan di Aceh Timur, Polda Bentuk Timsus
Kapolda Aceh memastikan mengusut pelaku pembunuhan gajah yang ditemukan tanpa kepala di Aceh Timur. Petugas BKSDA Aceh telah melakukan nekropsi, Senin (12/7/2021), dan menemukan adanya racun.Foto: iNews.id/Jufri Zainuddin

BANDA ACEH, iNews.id - Polda Aceh bakal membentuk tim khusus (timsus) untuk melakukan pengejaran pelaku pembunuhan gajah jantan sumatera yang ditemukan mati tanpa kepala di Aceh Timur. Hasil nekropsi dari BKSDA Aceh ditemukan unsur racun pada bagian pencernaan gajah usia 12 tahun itu.

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, mengatakan, sejak menerima laporan tersebut, dia sudah menginstruksikan Dirkrimsus dan Polres Aceh Timur untuk melakukan penyelidikan. Sebab, kejahatan terhadap satwa liar yang dilindungi menjadi salah satu fokus permasalahan yang harus diatasi di Aceh.

"Kita melakukan penanganan ini serius, karena jangan sampai gajah-gajah kita ini habis. Harimau-harimau kita habis dan anak cucu kita hanya melihatnya dari youtube atau media sosial," kata Kapolda, Rabu (14/7/2021).

Polisi diketahui sudah memeriksa sejumlah saksi di lokasi kejadian dan mengumpulkan alat bukti. Sementara bangkai gajah tersebut sudah dikubur oleh Tim BKSDA Aceh dibantu warga sekitar.

"Kita sudah turunkan tim dari Ditreskrimsus dan Polres Aceh Timur. Begitu kejadian kita langsung melaksanakan penyelidikan, kita serius dalam masalah ini," ujar Kapolda.

Editor : Erwin C Sihombing