Perbedaan Gelar Tengku dan Teuku, Ternyata Beda Peruntukan

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 21:55:00 WIB
Perbedaan Gelar Tengku dan Teuku, Ternyata Beda Peruntukan
Ilustrasi perbedaan gelar tengku dan teuku. Pakaian adat Aceh. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan Gelar Tengku dan Teuku, masyarakat luar Aceh masih banyak yang belum paham. Kedua gelar ini disandang orang tertentu dan memiliki arti berbeda.

Aceh memiliki gelar khusus untuk golongan bangsawan, yaitu Tengku dan Teuku. Dikutip dari buku Uleebalang dari Kesultanan Hingga Revolusi Sosial (1514-1946) karya Hasbullah, gelar Tengku dan Teuku sudah ada sejak masa Kesultanan Aceh. 

Pada 1874, masih terdapat tiga jenis elit dalam masyarakat Aceh yaitu Sultan, Tengku atau ulama dan Teuku atau uleebalang.

Perbedaan gelar Tengku dan Teuku dilihat dari penggunaannya

Tengku 

Tengku merupakan gelar kebangsawanan Melayu yang lekat pada laki-laki dan perempuan keturunan sultan dan para raja di Kerajaan Melayu. 

Gelar Tengku biasanya hanya bisa didapat apabila ayahnya juga memiliki gelar yang sama. 

Gelar Tengku tidak bisa diturunkan kepada sang anak apabila gelar tersebut berasal dari ibunya dan ayahnya tidak memiliki gelar tersebut. 

Selain itu, Ada juga yang mengatakan bahwa gelar Tengku merupakan Gelar keagamaan yang diberikan kepada tokoh ulama atau pemuka agama dalam masyarakat Aceh. 

Salah satu tokoh ulama yang diberi gelar Teungku adalah Teungku Chik Di Tiro. Ia memang bukan seorang ningrat, tetapi ia adalah ulama besar di wilayah Tiro, Pidie, Aceh. 

Penulisan Tengku dapat disingkat menjadi Tgk. Namun, sebutan Tengku juga terkadang masih dipakai untuk panggilan umum kepada anak laki-laki.

Editor : Candra Setia Budi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: